• Jl. Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan 12640

  • +62-21-7864753/55

  • humas@polimedia.ac.id

Detail


Kerjasama Internasional di Taiwan

18 Apr admin 0 Umum

Laporan Perjalanan.

Delegasi Polimedia Jajaki Peluang Kerjasama Internasional dengan Tiga Kampus di Taiwan

TAIPEI – Direktur Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia), Dr. Purnomo Ananto, M.M. melakukan perjalanan dinas ke Taiwan, 18-23 April 2018. Pada perjalanan tersebut, Direktur didampingi Wakil Direktur Bidang Akademik Drs. Benget S, M.M. dan Ketua Jurusan Penerbitan Suratni, S.S., M.Hum.
Tujuan Delegasi Polimedia ke Taiwan adalah melakukan diskusi akademik dan menjalin kerjasama internasional dengan tiga kampus di Taiwan, Da-Yeh University, Taiwan Tech, dan Lunghwa University.

Selama tiga hari di Da-Yeh University, Delegasi Polimedia merumuskan program kerjasama pertukaran mahasiswa, penelitian bersama, summer camp, dan studi lanjut. Salah satu yang disepakati adalah Program 3+2+1, maksudnya mahasiswa Polimedia kuliah 3 tahun di Indonesia untuk mendapatkan gelar Diploma. Kemudian melanjutkan kuliah 2 tahun di Taiwan untuk mendapatkan gelar Sarjana Terapan, dan kuliah 1 tahun untuk menyelesaikan program Magister Terapan. Menurut Purnomo Ananto, program ini sangat menarik karena Da-Yeh University akan membantu mahasiswa untuk mendapatkan pekerjaan di luar jam perkuliahan. Dari pekerjaan itulah, mahasiswa dapat membiayai sendiri kuliahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Delegasi Polimedia juga berkesempatan berdiskusi dengan beberapa perwakilan perusahaan yang telah bekerjasama dengan Da-Yeh University. Selain berdiskusi, delegasi dibawa berkunjung ke perusahaan, hingga dapat melihat berbagai jenis pekerjaan dan industrinya, sampai bangunan dormitory untuk para mahasiswa yang magang di perusahaan.

Setelah kunjungan ke Da-Yeh University, Delegasi Polimedia didampingi Dosen Polimedia yang sedang studi lanjut di Taiwan, Triyono Indrasiwi Kuncoroaji melihat Taiwan Creative Expo. Di pameran tersebut, banyak disajikan produk-produk kreatif dan inovatif, sehingga dapat dijadikan contoh untuk Polimedia dalam mempromosikan produk kreativitas civitas akademika Polimedia.

Kampus kedua yang dikunjungi adalah National Taiwan University of Science and Technology (Taiwan Tech). Kunjungan ke Taiwan Tech ini merupakan kunjungan lanjutan dimana Polimedia telah melakukan kerjasama sejak 2016. Direktur berkesempatan mengunjungi dua Dosen Polimedia (Mawan Nugraha, M.Ak. dan Dwi Riyono, M.T) yang sedang menempuh studi lanjut doktoral di kampus tersebut. Kedua kandidat PhD ini diharapkan lulus tahun ini, dan segera kembali ke Indonesia untuk memperkuat SDM Polimedia.

Di hari terakhir di Taiwan, Delegasi Polimedia menandatangani MoU dan MoA dengan Lunghwa University. Di dalam MoU, disebutkan kedua belah pihak sepakat untuk melakukan kerjasama akademik dan non-akademik, dengan Program Unggulan 2+2. Mahasiswa kuliah 2 tahun di Indonesia dan 2 tahun di Taiwan untuk mendapatkan gelar Sarjana Terapan. Apapun program studi yang dilinkkan adalah Multimedia, Animasi, dan Teknologi Permainan. (Ratni)

Indonesian
English Indonesian