• Jl. Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan 12640

  • +62-21-7864753/55

  • [email protected]

Detail


Jawab Kebutuhan Industri, Polimedia Siapkan Lulusan Sarjana Terapan

20 Sep admin 0 Umum

Kebutuhan industri akan lulusan yang langsung dapat bekerja menjadi tantangan tersendiri bagi perguruan tinggi. Direktur Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia), Dr. Purnomo Ananto, M.M. menjawab tantangan tersebut dengan menyiapkan program studi yang saat ini masih ada di level D-3 meningkat menjadi D-4.

“Sesuai arahan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Pak Wikan, Polimedia akan meningkatkan program studi yang masih D-3 menjadi D-4 agar dapat menghasilkan lulusan yang lebih bahagia dan gradenya pun naik di industri” ucap Purnomo saat Workshop Izin Prodi, Akreditasi Prodi, dan Reakreditasi Prodi di Bogor, Jawa Barat (18/09/2020).

Di Polimedia sendiri saat ini dari 14 prodi yang ada, enam diantaranya sudah di level D-4 dan sisanya masih di level D-3. Untuk peningkatan menuju D-4 pun, Polimedia harus memenuhi syarat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, diantaranya minimal prodi berakreditasi B dan sudah memiliki kerja sama industri. Menanggapi hal tersebut Purnomo optimis untuk meningkatkan 8 prodi tersebut pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2021.

“Hampir semua prodi di Polimedia sudah melakukan kerja sama industri. Tahun ini kita usulkan menjadi D-4, sehingga tahun 2021 sudah running” jelas Purnomo.

Lulusan Berwirausaha
Selain dalam rangka memenuhi kebutuhan industri, Polimedia juga turut menghasilkan lulusan yang berorientasi pada wirausaha. Purnomo menjelaskan bahwa saat ini Polimedia sudah berbasis produksi dan wirausaha, sehingga lulusan Polimedia justru dapat membuka lapangan kerja.

“Polimedia saat ini berbasis produksi dan kewirausahaan, bahkan menjadi mata kuliah wajib di kampus ini. Saat ini sudah 10% lulusan menjalankan wirausaha, kita harapkan lulusan ke depan akan lebih meningkat, sehingga dapat menampung lapangan kerja” tambah Direktur Polimedia sejak tahun 2018 ini.

Dukungan untuk wirausaha pun dilakukan tidak hanya dalam materi perkuliahan saja, Polimedia turut menyediakan dana bergulir yang dapat digunakan sebagai modal usaha bagi mahasiswa dan lulusan yang akan melakukan kegiatan entrepreneur.

“Kita siapkan pembiayaan, seperti dana bergulir di Polimedia, bahkan di tingkat kementerian pun ada” tambah Purnomo.

Kasub Direktorat Pengembangan Perguruan Tinggi Program Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Drs. Sudarsono yang hadir sebagai narasumber pada workshop tersebut, mengutarakan hal yang sama, jika entrepreneur juga menjadi prioritas dalam program pemerintah, khususnya dalam menghasilkan lulusan yang mandiri.

“Menjadi entrepreneur juga menjadi prioritas, karena kita pun membentuk kemandirian lulusan” jelas Sudarsono.

Polimedia sebagai politeknik negeri spesialis menghasilkan lulusan untuk kebutuhan industri kreatif saat ini sudah memiliki 14 program studi yang terbagi dalam empat jurusan, diantaranya: Jurusan Teknik Grafika, Jurusan Penerbitan, Jurusan Desain, dan Jurusan Pariwisata. Selain itu Polimedia juga memiliki Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) yang berada di Medan dan Makassar untuk memenuhi kebutuhan pendidikan vokasi di wilayah barat dan timur. Pada tahun 2020 ini, Polimedia menerima lebih dari 1.977 mahasiswa baru dari berbagai wilayah di Indonesia.

Humas Polimedia
[email protected]
www.polimedia.ac.id

Indonesian
English Indonesian