• Jl. Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan 12640

  • +62-21-7864753/55

  • humas@polimedia.ac.id

Detail


Polimedia Jalin Kerjasama dengan STIPRAM, ANDI OFFSET, dan GAMELOFT INDONESIA di Yogyakarta

10 May admin 0 Umum

Sebagai kampus yang menyelenggarakan pendidikan vokasi tingkat Diploma III dan Sarjana Terapan, Polimedia terus menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka penguatan jejaring politeknik. Seperti halnya, kunjungan Tim Polimedia yang dipimpin langsung oleh Dr. Purnomo Ananto, M.M. (Direktur) bersama Dodik Catur Pramudyo, S.Kom. (Kasubbag Kerjasama), Hafid Setyo Hadi, M.Si. (Ketua Jurusan Desain), Suratni, M.Hum. (Ketua Jurusan Penerbitan), dan Ingrid Veronika, M.Pd. (PIC Prodi Perhotelan) ke Yogyakarta pada 29 April 2019 hingga 1 Mei 2019 lalu. 

Tempat pertama yang dikunjungi adalah Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo (STIPRAM) Yogyakarta yang berdiri tahun 2001 dengan nama waktu itu Akademi Pariwisata Ambarrukmo (AKPRAM) Yogyakarta. Kunjungan Tim Polimedia disambut oleh Ketua STIPRAM, Suhendroyono, SH., MM., M.Par., CHE.

Selain menindaklanjuti penjajakan kerjasama dalam bentuk penandatanganan MoU, Tim Polimedia dibawa tour kampus dan mengadakan diskusi akademik Polimedia-STIPRAM. Suhendroyono menyambut baik kerjasama antarlembaga pendidikan ini, dengan harapan melalui kerjasama ini Polimedia dapat ilmu untuk mengelola program studi perhotelan yang akan dibuka tahun 2019.  

 

 

 

Kunjungan berikutnya, Tim Polimedia mendatangi penerbit buku terbesar di Yogyakarta, yaitu Penerbit Andi Offset. Andi Offset merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang percetakan dan penerbitan buku. Perusahaan ini didirikan sebagai perusahaan perorangan pada tanggal 4 Januari 1980 oleh JH Gondowijoyo dengan alamat di Jl. Beo No. 38-40 Demangan Baru, Yogyakarta.

 

Bentuk kerjasama yang dirintis Polimedia dengan Penerbit Andi Offset adalah kerjasama penerbitan bersama (co-pub) dan pelaksanaan penerbitan buku elektronik (e-book) untuk buku yang sudah dikelola bersama. Kerjasama ini diawali ketertarikan Penerbit Andi Offset terhadap buku fiksi dan nonfiksi karya mahasiswa dan dosen Polimedia. Selain kerjasama penerbitan buku, Purnomo Ananto juga mengharapkan permagangan mahasiswa Polimedia di penerbit ini. Hal ini disambut baik CEO Penerbit Andi Offset Yehezkiel A.G. (Direktur Utama Penerbit Andi Offset). Mahasiswa dari Program Studi Penerbitan, Desain Grafis, Animasi, Multimedia, dan Teknik Grafika sangat bias magang atau praktik industri di Penerbit Andi Offset. 

 

Kunjungan terakhir, Tim Polimedia ke Gameloft Indonesia. Gameloft merupakan salah satu perusahaan game besar dunia yang memiliki markas di Yogyakarta. Tim Polimedia diajak keliling menyaksikan bagaimana proses para karyawan Gameloft menyusun ide dan kreativitas untuk menciptakan sebuah games yang kini menjadi salah satu kebutuhan masyarakat.  

 

 

Tim Polimedia sempat melakukan diskusi dengan pihak Gameloft, terutama pada bidang bagaimana mengembangkan industri games di Indonesia. Polimedia telah membuka Program Studi Teknologi Permainan (game tech). Untuk itu, kerjasama dengan Gameloft tentu sangat tepat untuk kedua belah pihak. “Rata-rata karyawan Gameloft generasi milenial, masih muda semua, pakaiannya bebas, dan jam bekerjanya juga diatur sendiri oleh karyawan,” kesan Hafid Setyo saat berkunjung ke Gameloft. 

 

 

Purnomo Ananto menjelaskan bahwa kunjungan ke Penerbit Andi Offset dan Gameloft Indonesia merupakan kunjungan balasan, sekaligus menyatukan Polimedia dengan industri terkait, sehingga link and match antara dunia pendidikan dan industri dapat terjalin dengan baik. (ratni-penerbitan)

Posted by Admin

English
Indonesian English